News Update :
Home » » Komponen Dan Hubungan Antar Komponen

Komponen Dan Hubungan Antar Komponen

Penulis : Monalia Sakwati on Selasa, 05 Juli 2011 | 23.45


Pengertian Komponen
³ Bagian dari suatu sistim yang fungsional disebut sub……… atau komponen/ bagian/ unsur/ elemen/ unit.
³ Komponen adalah Bagian fungsional dari suatu sistim yang dapat melakukan transformasi / perubahan bentuk dari input menjadi output yang diharapkan.
³ Proses perubahan bentuk itu disebut proses throughput atau proses penjadian.
³ Semua unsur yang tercakup di dalamnya (baik manusia maupun non manusia) dan kegiatan-kegiatan lain yang terjadi di dalamnya adalah merupakan komponen sistem.

 Komponen / elemen (component)
Suatu sistem terdiri dari komponen yang saling berinteraksi , artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen - komponen dari suatu sistem biasanya dikenal dengan subsistem.
Subsistem ini mempunyai sifat-sifat dari sistem itu sendiri dalam menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
Suatu sistem juga mempunyai sistem yang lebih besar yang dikenal dengan Suprasistem.
Contoh :
Jika suatu perusahaan dipandang sebagai suatu sistem , maka industri akan dipandang sebagai Suprasistem.

Komponen Kebudayaan
Menurut pada pendapatnya Melville J. Herskovits, ada empat komponen pokok kebudayaan yaitu sistem ekonomi, keluarga, kekuasaan politik dan alat-alat teknologi. Yang dimaksud alat teknologi dalam hal ini meliputi segala alat yang mendukung kegiatan seseorang dalam sebuah masyarakat dari yang paling sederhana sekalipun.
Sementara unsur-unsur atau komponen kebudayaan menurut pendapat Bronislaw Malinowski sedikit berbeda dengan pendapatnya Melville J. Herskovits. Malinowski tidak memandang alat-alat teknologi sebagai unsur atau komponen tersendiri dari kebudayaan tapi memasukkannya ke dalam ranah penyelenggara pendidikan.
Selain itu, Malinowski memasukan komponen sistem norma sosial sebagai komponen kebudayaan yang tidak disinggung oleh Herkovits.
Secara lebih rinci, menurut Malinowski, yang dianggap sebagai komponen kebudayaan adalah sistem norma sosial, organisasi ekonomi (sama dengan Herskovits), organisasi kekuatan politik (sama dengan Herskovits) dan alat serta lembaga penyelenggara pendidikan (Herkovits membatasi pada alat-alat teknologi).
Sistem norma sosial menurut pendapat Bronislaw Malinowski merupakan unsur penting komponen kebudayaan karena adanya sistem norma sosial itulah masing-masing anggota masyarakat kemungkinkan untuk saling bekerjasama dan menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya, untuk kelanggengan kehidupannya. Jadi, norma sosial merupakan bagian dari komponen kebudayaan.

Unsur-Unsur Kebudayaan
Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:
  1. Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
    • alat-alat teknologi
    • sistem ekonomi
    • keluarga
    • kekuasaan politik
  2. Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
    • sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
    • organisasi ekonomi
    • alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
    • organisasi kekuatan (politik)

Komponen Masyarakat

Untuk memahami struktur atau komponen dalam masyarakat, Karl Heinrich Marx (1818-1883), seorang filsuf, ekonom, dan juga dapat digolongkan sebagai sosiolog, telah membuat pembedaan struktur dalam masyarakat, yaitu infrastruktur (basis) dan suprastruktur.
Infrastruktur material berisi bahan-bahan baku dan bentuk-bentuk sosial dasar yang berkaitan dengan upaya manusia mempertahankan hidup dan beradaptasi dengan lingkungannya. Infrastruktur masyarakat adalah komponen yang paling dasar, dalam pengertian, bahwa tanpa itu maka manusia atau masyarakat tidak akan mungkin bertahan secara fisik. Infrastruktur material termasuk di dalamnya adalah teknologi, lingkungan (ekologi), demografi dan ekonomi sebagai faktor yang dominan. Suprastruktur merupakan cerminan dari infrastruktur masyarakat yang dominan yaitu ekonomi dan teknologi.
Marx dengan gagasan materialisme historisnya menafsirkan sejarah dengan pendekatan materialis dan pendekatan ini digunakan oleh kajian-kajian ilmu sosial untuk mengkaji kehidupan sosial. Marx melihat faktor material seperti ekonomi sebagai sebab utama dalam kehidupan sosial. Kehidupan ekonomi atau sistem ekonomi (infrastruktur) sebagai penentu kehidupan politik (suprastruktur).

Macam-Macam Komponen Kebudayaan

Berdasarkan wujudnya tersebut, kebudayaan dapat digolongkan atas dua komponen utama:
  • Kebudayaan material
    Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata, konkret. Termasuk dalam kebudayaan material ini adalah temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian arkeologi: mangkuk tanah liat, perhisalan, senjata, dan seterusnya. Kebudayaan material juga mencakup barang-barang, seperti televisi, pesawat terbang, stadion olahraga, pakaian, gedung pencakar langit, dan mesin cuci.
  • Kebudayaan nonmaterial
    Kebudayaan nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya berupa dongeng, cerita rakyat, dan lagu atau tarian tradisional.


Hubungan Antar Komponen
Yang dimaksud dengan hubungan adalah sesuatu yng mengikat bagian-bagian sehingga sistim tersebut merupakan suatu totalitas yang fungsional. Hubungan tersebut memberikan arti atau makna bagi sistim. Bertalanffy : “a system can be defined as a complex of interacting elements”.
Dlama suatu proses sosial terdapat komponen-komponen yang saling terkait satu sama lain,yaitu:
·         Struktur sosial,yaitu susunan masyarakat secara komprehensif yang menyangkut individu , tata nilai, dan struktur budayanya.
·         Interaksi Sosial,yaitu keseluruhan jalinan antarwarga masyarakat.
·         Struktur alam lingkungan yang meliputi letak,bentang alam, iklim, flora dan fauna. Komponen isi merupakan salah satu komponen yang turut mempengaruhi bagaimana jalannya proses sosial dalam suatu masyarakat.

Interaksi  antar  komponen
Antar komponen dalam suatu sistem terdapat saling hubungan, saling mempengaruhi, dan saling ketergantungan.
Misalnya: keguruan seseorang barulah menjadi nyata jika ada siswa yang bersedia untuk dididiknya; siswa yang responsif, kri­tis, dan koordinatif banyak membantu guru dalam mengem­bangkan kariernya. Adanya transformasi dan sekaligus umpan balik:
Fungsi dari setiap komponen merupakan bagian tak terpisahkan dari keseluruhan fungsi sistem. Dalam sistem pengajaran yang berinti pada interaksi personal, peran dari komponen-komponen (selain guru dan siswa) adalah untuk meningkatkan nilai inter­aksi personal tersebut demi keberhasilan belajar siswa. Transfor­masi yang terjadi dalam interaksi guru-siswa secara lebih teknis merupakan transaksi pesan-pesan (pemahaman -> penginte­grasian -> pengembangan diri).

DAFTAR PUSTAKA



http:// id.wikipedia.org/wiki/Budaya


Share this article :

Poskan Komentar

Comment disini yach,, Please jgn ngrim yg spam dch.. okokok.. mksih ..

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Monalia Sakwati . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger