News Update :
Home » » Mengubah Doc ke Pdf

Mengubah Doc ke Pdf

Penulis : Monalia Sakwati on Tuesday, January 18, 2011 | 2:54 PM

Konversi File PDF Menjadi Dokumen Word dan Format Lainnya

Kebanyakan dari kita sudah tahu bagaimana caranya merubah/mengkonversi file Word atau dokumen teks lainnya ke dalam bentuk file PDF, namun bagaimana jika kita harus mengkonversi file PDF menjadi file Word? Pada postingan kali ini, akan kita bahas beberapa metode yang dapat digunakan untuk merubha file PDF menjadi file Word atau format dokumen teks lainnya.

Metode Konversi Secara Online
Metode pertama yang bisa digunakan adalah berbasis web, dengan begitu Anda tidak perlu melakukan instalasi software apapun untuk mengkonversi file Anda. Namun perlu diingat, bahwa dengan metode ini maka Anda perlu melakukan upload file/data Anda kepada pihak ketiga, jadi pikirkan terlebih dahulu masalah privasi/kerahasiaan data Anda.

Zamzar
Mungkin Zamzar adalah website penyedia jasa konversi file online yang terpopuler. Layanan gratis ini memungkinkan Anda untuk mengkonversi file sampai 100MB. Yang Anda lakukan hanyalah browse file PDF Anda, pilih format hasil konversi yang diinginkan, dan kemudian masukkan email Anda. Bila dokumen sudah siap, Zamzar akan mengirim email kepada Anda yang berisikan link ke dokumen hasil konversi yang bisa Anda download. Zamzar juga bisa digunakan untuk mengkonversi PDF menjadi HTML, ODT, PCX, PNG, PS, RTF, dan TXT.
Zamzar

PDF Online
Layanan online yang juga bagus adalah PDF Online. Layanan ini diberikan oleh BCL Technologies Easy Converter software yang dapat Anda download versi 30 day trial-nya jika Anda atau perusahaan Anda ingin melakukan konversi file yang ukurannya besar. Untuk penggunaan biasa Anda bisa melakukan sign up pada BCL Premium Online account yang memungkinkan Anda untuk mengkonversi 20 dokumen per hari dengan batas per dokumen adalah 10MB.
konversi PDF 1
Setelah konversi selesai Anda cukup klik kanan pada link untuk “save link as” sebuah dokumen RTF Word pada PC Anda.
konversi PDF 2

Free PDF Converter
PDF Converter onlinr terakhir adalah Free PDF Converter. Layanan ini mirip dengan Zamzar namun layanan pada versi gratisannya sangat terbatas. Saya memasukkan empat halaman dokumen PDF untuk ditest dan layanan ini memotong dokumen Saya setelah mengkonversi 2 halaman awal. Selain itu, mereka juga hanya memperbolehkan Anda mengkonversi satu file PDF setiap 30 menit. Keanggotaan termurah adalah $9/bulan dan proses konversi sudah unlimited. Sekilas website ini terlihat sangat simpel.
free PDF Converter

Metode Konversi Dengan Software
Solusi berikutnya adalah dengan berbasis software, aplikasi yang bisa diinstall pada PC Anda dan digunakan secara offline. Metode ini bisa jadi merupakan pilihan tepat untuk mengkonversi file-file penting dan rahasia.
BCL Easy Converter Desktop 1.0
Karena PDF Online begitu mengesankan Saya dengan layanan konversi online-nya, Saya putuskan untuk menggunakan juga software desktop-nya. BCL Easy Converter Desktop 1.0 adalah utility sederhana yang sangat bagus untuk mengkonversi dokumen PDF menjadi file Word. Pada dasarnya proses konversi layanan desktop ini sama dengan layanan online-nya. Aplikasi ini mengkonversi dokumen PDF menjadi RTF saja, namun dengan $20 aplikasi ini akan sangat berguna ketimbang menghabiskan banyak waktu dengan cara online. Anda bisa download versi trial dari Easy Converter Desktop atau versi berbayarnya dengan hanya $19.95.
BCL easyConverter Desktop

DocSmartz
Terkadang Anda ingin melakukan konversi dokumen PDF ke format file lain seperti Excel, HTML, atau Postscript. DocSmartz Pro adalah aplikasi desktop yang sangat bagus dengan harga terjangkau untuk mengkonversi suatu file ke bentuk format lain yang Anda inginkan. Pilih PDF yang ingin dikonversi dan DocSmartz Pro akan membawa Anda melalui bermacam-macam settingan yang sangat mudah untuk diikuti.
DocSmartz

ABBYY PDF Transformer 2.0
Software lainnya yang bisa digunakan mengkonversi dokumen PDF menjadi format-format lainnya adalah ABBYY PDF Transformer 2.0 yang bisa mengkonversi PDF menjadi Word, Excel, RTF, HTML, TXT.
Setalah dilakukan konversi PDF ke format dokumen lainnya, maka kesimpulannya ABBYY melakukan pekerjaannya dengan baik. Untuk lisensi penuhnya, maka Anda perlu merogoh kocek senilai $99.
Free PDF to Word Doc Converter
Akhirnya kita sampai kepada bagian yang paling bagus dari versi gratisan. Free PDF to Word Converter 1.1 adalah aplikasi yang bagus dan sederhana juga mudah digunakan seperti BCL Easy Converter namun memiliki opsi tambahan seperti pemilihan font dan pemilihan nomor halaman. Proses konversinya sendiri sangat cepat dan mudah meskipun berhadapan dengan dokumen yang besar dengan banyak gambar.
PDF to Word Converter
Selalu ada kekurangannya pada versi gratisan. Setelah konversi pertama Anda akan diminta untuk mendownload kode registrasi dari situs penyedianya setiap kali Anda ingin mengkonversi dokumen lainnya. Untuk menghindari permintaan memasukkan kode registrasi terus-menerus, maka Anda harus membyara $15.
kode registrasi PDF to Word Converter
Kesimpulan
Setalah melakukan test layanan online, kelihatannya konversi PDF ke RTF (Rich Text Format) bekerja dengan sangat baik. Ketika mengkonversinya ke format Doc, hasilnya bisa sangat kacau. PDF Online adalah yang tercepat, termudah digunakan, dan menghasilkan konversi yang berkualitas dibandingkan layanan online lainnya.
DocSmartz Pro adalah yang termudah digunakan dan yang tercepat dibandingkan ABBYY PDF Transformer 2.0. Jika Anda hanya menginginkan konversi PDF ke Word maka Free PDF to Word Doc Converter akan bekerja baik untuk Anda beberapa kali sampai permintaan kode registrasi yang mengganggu akan muncul. Jika Anda ingin mengkonversi PDF ke dalam beberapa format lainnya maka DocSmartz Pro adalah yang terbaik dan termurah. Jika Anda hanya ingin mengkonversi PDF menjadi Word maka gunakan BCL Easy Converter Desktop 1.0.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2015. Monalia Sakwati . All Rights Reserved.
Created by Monalia Sakwati