Sunday, January 9, 2011

Membuat Scroll Untuk Arsip Blog

Pengen scroll kayak arsip blog saya.. ehm, sepintas saya posting tema ini, karena saya terinspirasi oleh salah satu teman saya yang bertanya ingin punya scroll seperti blog saya. trimakasih buat teman saya yang sudah ngasih saran buat saya. baiklah tanpa basa-basi saya akan membahasnya sebelumnya saya sudah membahas tentang membuat drop down untuk arsip blog.. tetapi sekarang saya akan membahas yang hampir mirip dengan artikel sebelumnya yaitu membuat scroll untuk arsip maupun kategori blog atau widget lainnya.. eeits, drop down dengan scroll beda loh.. :D

Caranya sangat gampang banget tinggal di masukin kode script ini <div style='overflow:auto; width:ancho; height:100px;'> ke elemen blog kamu. Okay, akan saya bahas satu persatu..

Langkah-langkahnya :
1. Login - Layout - Elemen halaman
2. Buat widget Arsip dengan nama Arsip Blog
3. Pilih model Hirearchy untuk model ini
4. Save
5. Masuk ke Edit HTML - cek kotak Expand Template Widget
6. Cari 'Arsip Blog'dengan cara klik CTRL+F, lalu tulis nama widget yang ingin kamu kasih scroll Misalnya 'Arsip Blog'. Selengkapnya begini:
<b:widget id='BlogArchive2' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<div style='overflow:auto; width:ancho; height:100px;'>
<div id='ArchiveList'>
<div expr:id='data:widget.instanceId + &quot;_ArchiveList&quot;'>
<b:if cond='data:style == &quot;HIERARCHY&quot;'>
<b:include data='data' name='interval'/>
</b:if>
<b:if cond='data:style == &quot;FLAT&quot;'>
<b:include data='data' name='flat'/>
</b:if>
<b:if cond='data:style == &quot;MENU&quot;'>
<b:include data='data' name='menu'/>
</b:if>
</div>
</div></div>
<b:include name='quickedit'/>


7.Sebelumnya tidak ada kode merah di template Anda. Tambahkan kode itu untuk mengaktifkan scrolling-nya
8. Simpan template Anda dan lihat hasilnya


Semoga bermanfaat!!!

2 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !