News Update :
Home » » Buka File PDF dan PPT secara online

Buka File PDF dan PPT secara online

Penulis : Monalia Sakwati on Sunday, May 1, 2011 | 2:08 AM

Google kembali merilis sebuah layanan bagi pengguna internet. Kali ini adalah sebuah layanan yaitu Google Docs Viewer untuk memudahkan kita menampilkan secara online file dokumen berformat PDF, PowerPoint (presentasi) dan gambar berformat TIFF.

Dengan layanan ini, kita bisa melihat isi sebuah file dengan format-format tersebut tanpa harus download file yang bersangkutan. Jadi, bisa digunakan sebagai alat review sebelum mengunduh file tersebut.

Selain itu, layanan ini juga membantu pemilik blog/situs untuk bisa menampilkan file tersebut secara live dengan memasukkkan/embed kode yang diberikan di situs Google Docs Viewer ini pada halaman situs/blognya.

Silahkan langsung saja menuju halaman situs Google Docs Viewer di alamat http://docs.google.com/viewer untuk mencobanya.

Tampilannya simpel saja. Pertama kita masukkan link file pdf yang ingin kita lihat baik secara langsung atau pun untuk ditampilkan di blog, lalu klik tombol “Generate link”. Sebagai catatan, alamat file terbut harus berupa link direct download , artinya file tersebut harus bisa dibuka/download langsung, bukan berupa link redirect seperti misalnya file yang disimpan pada situs Ziddu.

Setelah kita masukkan alamat file dan klik Generate link, hasilnya kita diberikan daftar link maupun kode HTML yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan, yaitu:
  1. Link untuk dimasukkan dalam pesan email/IM atau link untuk dimasukkan ke dalam address bar browser.
  2. Kode HTML untuk dipasang di situs/blog untuk menampilkan link untuk melihat file tersebut.
  3. Kode HTML tag iframe buat dipasang di situs/blog agar bisa menampilkan secara live di sebuah halaman situs/blog kita. Tentunya kode ini hanya bisa dipasang pada situs/blog yang mendukung kode tag iframe.
  4. Link untuk langsung membuka file tersebut.

Sebagai contoh, saya masukkan URL file PDF dokumen Undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang ITE yang saya dapat dari situs Depkumham RI (http://www.djpp.depkumham.go.id/arsip/ln/2008/uu11-2008bt.pdf) ke dalam form isian URL di Google Docs Viewer.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2015. Monalia Sakwati . All Rights Reserved.
Created by Monalia Sakwati