News Update :
Home » » Buka 3 Situs Search dengan Blindsearch

Buka 3 Situs Search dengan Blindsearch

Penulis : Monalia Sakwati on Sunday, May 1, 2011 | 1:58 AM

BlindSearch, Cari Situs Di 3 Search Engine Sekaligus: Google, Yahoo, Bing

 
kali ini saya sampaikan sebuah layanan online untuk mencari situs dengan membandingkan hasil pencarian dari tiga pemain besar di bidang search engine, yaitu Google, Yahoo!, dan Bing (search engine baru keluaran Microsoft).
Layanan ini bernama BlindSearch, yang dibuat oleh seorang karyawan Microsoft bernama Michael Kordahi. Menurutnya, walaupun dia adalah karyawan Microsoft, situs ini tak ada hubungannya dengan perusahaan tempatnya bekerja tersebut. “Ini hanya sebagai layanan having fun di saat waktu senggang saya”, katanya.
Untuk menggunakannya, seperti menggunakan search engine yang biasa dipakai, anda cukup mengetikkan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan situs yang ingin anda cari. Hasil pencariannya, anda akan melihat list/daftar 10 situs yang paling relevan dengan pencarian anda, dengan menampilkan secara berdampingan hasil pencarian dari tiga search engine yaitu Google, Yahoo!, dan Bing.

Hal yang menarik, seperti terlihat pada gambar di atas, dari tiga buah kolom list/daftar situs tersebut, kita tidak mengetahui kolom manakah yang merupakan hasil pencarian Google, Yahoo, atau Bing, karena si pembuat layanan ini memang sengaja tidak menampilkan nama mesin pencarinya. Dan, setiap kita memasukkan keyword pencarian dan menampilkan hasil pencarian baru, urutan ketiga search engine tersebut pun diacak, sehingga posisinya selalu berubah (the columns are randomised with every query).
Jadi memang cocok dengan nama layanan ini, yaitu BlindSearch, alias pencarian buta. Hmmm….
Ternyata, tujuan pembuatan layanan ini adalah memberikan hasil pencarian kepada pengguna tanpa perlu mengetahui search engine mana yang digunakan, dan membiarkan pengguna untuk melakukan klik pada hasil pencarian manapun yang paling sesuai dengan apa yang dicarinya.

Walaupun begitu, bila anda penasaran, anda bisa mengetahui search engine yang digunakan, tapi anda harus  melakukan semacam voting pada search engine yang menurut anda paling bagus dari ketiga search engine yang ditampilkan, caranya anda klik tombol “vote for this search engine“.
Ya, ya, ya…. :D
Saya coba membandingkan hasil pencarian sebuah kata kunci “konversi online videoclip” (kata kunci berbahasa Indonesia). Hasilnya, seperti tampak pada gambar di atas, terlihat bahwa hasil pencarian pada kolom pertama hanya situs berbahasa Inggris, sedangkan kolom kedua dan ketiga menampilkan situs berbahasa Indonesia. Ketika saya klik “vote for this search engine” (saya klik kolom paling kiri karena penasaran, kok hasilnya tidak ada situs berbahasa Indonesia?), ternyata kolom pertama adalah Google, kolom kedua Bing, dan ketiga Yahoo!.
Penasaran, masa’ iya blog saya nggak tampil di Google? Padahal kata kunci “konversi online videoclip” merupakan salah satu judul artikel saya sebelumnya di blog ini, hehehe… :)
Saya coba dengan kata kunci yang sama menggunakan halaman depan Google, hasilnya adalah situs saya masuk dalam tiga besar hasil pencarian. Urutan pertama adalah artikel saya di Infogue, urutan kedua artikel saya di blog ini, dan urutan ketiga artikel saya di Lintas Berita, baru puas deh… :D

Ternyata terbukti sebenarnya memang Google yang hasil pencariannya paling relevan, wkkkkkkkkk…………..
Tapi, tak ada salahnya anda coba dan tentu anda punya penilaian sendiri.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2015. Monalia Sakwati . All Rights Reserved.
Created by Monalia Sakwati