News Update :
Home » » Tips Mempercepat Sinkron Wallet Altcoin

Tips Mempercepat Sinkron Wallet Altcoin

Penulis : Monalia Sakwati on Sunday, November 8, 2015 | 9:40 PM

Hi, readers. Ada yang bermasalah dengan sinkron (Synchronizing) wallet altcoinnya ? Pasti banyak banget yang punya masalah seperti itu. Permasalahan tersebut agak susah dipahami bagi para pemula (newbie) dalam mensinkronisasi dompet (wallet) nya.
 
Ada 2 (dua) cara untuk mempercepat sinkronisasi (Synchronizing) pada wallet yaitu dengan menggunakan addnode dan bootstrap. Addnode adalah kode node yang digunakan untuk menampilkan bar synchronizing dan merupakan inti network suatu wallet, tanpa addnode wallet tidak akan berjalan. Sedangkan bootstrap adalah file-file tambahan dimana terdapat kode-kode yang membantu mempercepat sinkron wallet.

Cara pertama yaitu menggunakan Addnode :
1. Silahkan copy addnode yang terdapat pada details atau rincian altcoin tersebut dan pastekan ke notepad. Lalu Save As, ganti nama filenya menjadi Altcoin.conf (Ex. dogecoin.conf) di Local Disk C > Users > USER > AppData > Roaming > Pilih folder altcoin tersebut. Addnode biasanya terdapat di forum bitcointalk.org ataupun forum lainnya. Jika tidak ada addnode yang tercantum, silahkan minta addnode kepada dev altcoin tersebut.
2. Lalu buka walletnya, jika berjalan sinkronnya berarti addnode bekerja.

Cara kedua yaitu menggunakan Bootstrap :
1. Membackup wallet terlebih dahulu untuk menghindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk membackupnya bisa dengan membuka wallet, lalu klik File > Backup Wallet. Bisa juga dengan mencopy file wallet.dat di folder altcoin tersebut ke folder lain yang dianggap aman.
2. Setelah di backup, kita akan lanjut menggunakan bootstrap. Sebagai contoh, saya menggunakan bootstrap IncaKoin (NKA) untuk mempercepat sinkron wallet IncaKoin.
3. Download bootstrap IncaKoin DISINI atau DISINI
4. Sambil menunggu file bootstrap yang didownload, kita hapus semua file yang ada di folder IncaKoin kecuali file wallet.dat. Folder IncaKoin ada di Local Disk C > Users > USER > AppData > Roaming > IncaKoin.
5. Setelah file bootstrap didownload dan ekstrak terlebih dahulu, lalu letakkan semua file bootstrap ke folder Incakoin yang ada di Local Disk C tersebut.
6. Setelah selesai semua prosesnya, buka wallet IncaKoinnya. Tunggu beberapa saat, maka sinkron wallet IncaKoin menjadi lebih cepat.

Gbr. Wallet IncaKoin yang sudah di bootstraps

Thanks to @IncaKoin
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2015. Monalia Sakwati . All Rights Reserved.
Created by Monalia Sakwati