Sunday, November 1, 2015

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Diformat

Hai, readers!! Hari ini saya mau posting tentang cara atau tips memperbaiki flashdisk yang minta diformat khusus flashdisk tipe RAW. Kejadian ini terjadi pada saya, waktu itu saya mendapatkan flashdisk kartu (flashdisc card) baru dari suatu perusahaan yang tidak bisa saya sebutkan nama perusahaannya. Ketika saya mencolokkan flashdisk saya ke laptop/PC, ternyata flashdisknya tidak bisa dibuka dan muncul kotak pemberitahuan (notifikasi) minta diformat, padahal flashdisk saya terbaca oleh sistem tetapi tidak bisa dibuka. Akhirnya saya mencoba googling untuk mencari tahu dan solusi untuk memperbaiki flashdisk saya. Ternyata saya menemukan sebuah artikel dimana tipe flashdisk sangat berpengaruh pada kualitas flashdisk, dimana flashdisk tipe RAW tidak bisa dibuka selayaknya flashdisk pada umumnya sehingga muncul notifikasi permintaan format. Flashdisk pada umumnya bertipe FAT atau FAT32. Setelah itu saya langsung mencoba mengecek tipe flashdisk saya ternyata flashdisk saya bertipe RAW, dan saya mencoba mengubah tipe flashdisk saya dari tipe RAW ke tipe FAT atau FAT32. Alhasil saya berhasil memperbaikinya dan flashdisk saya dapat dibuka. Rasanya senang banget dan akhirnya flashdisk saya kembali pada fungsinya. Okay readers, saya akan bagikan tips ini. Silahkan disimak!



A. Pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek atau melihat tipe flashdiskmu.
Tujuannya adalah untuk melihat apakah flashdiskmu bertipe RAW atau bukan. Jika bertipe RAW, maka kamu layak mencoba tips ini dan jika bukan bertipe RAW silahkan kamu mencoba cari artikel yang khusus membahas flashdisk tipe FAT atau FAT32.
Caranya : Klik kanan mouse pada flashdisk yang akan kita format, lalu klik Properties. Maka muncul rincian flashdisk dan dibagian File System tertulis RAW (lihat gambar di bawah ini).

 
B. Kedua yang kamu lakukan adalah mengubah tipe flashdisk dari RAW ke tipe FAT atau FAT32.
Tujuannya adalah untuk memperbaiki flashdisk yang tidak bisa dibuka karena bertipe RAW. Flashdisk tipe RAW tidak bisa dibuka seperti flashdisk pada umumnya sehingga perlu mengubahnya ke tipe FAT atau FAT32. Ini hanya untuk kasus flashdisk bertipe RAW bukan dikarenakan kerusakan atau virus.
Caranya :
1. Download software/aplikasi ini (DOWNLOAD DISINI)
2. Install dan jalankan aplikasinya.
3. Pilih drive yang akan diformat dibagian Connected Devices. Artinya pilih letak flashdisk yang akan diformat.

4. Pilih tab Tools. Maka akan muncul beberapa pilihan seperti Backup, Duplicate, Restore, dan Format. Untuk kasus ini, kita pilih Format.

6.  Selanjutnya centang Quick Format dan Display Summary When Finished. Lalu klik Format
 
7. Tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah selesai, cabut flashdiskmu. Colokkan kembali flashdiskmu, dan buka flashdiskmu. Jika flashdiskmu bisa dibuka, berarti kamu sudah berhasil dan flashdiskmu berubah tipe menjadi tipe FAT atau FAT32. 


FAQ (Frequently Ask Questions)
 
A: Tips di atas dijamin berhasil nggak?
B: Nggak jamin berhasil. Karena ada banyak yang berhasil dan adapula yang tidak berhasil tergantung jenis permasalahannya.

A: Tipe flashdisk saya FAT atau FAT32, gimana solusinya?
B: Insyaallah akan saya posting terkait flashdisk tipe FAT atau FAT32 ini, dan coba kamu mencari artikel lain yang membahas tipe flashdisk tersebut.

A: Apakah file atau data saya yang ada di dalam flashdisk akan hilang ?
B: Ya, akan hilang karena otomatis ikut terformat.

A: Berapa Nomor Key software itu?
B: Tidak perlu memasukkan nomor key, kosongkan saja dan klik Next. 

A: Saya sudah mengosongkan keynya, tapi tetap nggak bisa masuk. Gimana?
B: Silahkan coba masukkan key ini "ZJQVMIR629HT06ME0EI3" (tanpa tanda kutip)

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !