News Update :
Home » » Recording Data

Recording Data

Penulis : Monalia Sakwati on Saturday, June 2, 2012 | 3:47 AM


RECORDING DATA
Recording data adalah proses perekaman atau pengkoleksian data dalam sebuah wahana yang dapat memaparkan hasil penelitian kita. Wahana, tersebut dapat berupa komputer atau wahana lainnya.
Khusus pengolahan data yang menggunakan komputer, peneliti harus benar-benar memperhatikan cara pembuatan kode atau simbol angka untuk kategori-kategori jawabannya. Ada variabel yang kategorinya sederhana, yakni hanya membutuhkan satu simbol angka, tetapi ada juga suatu. Variabel yang membutuhkan lebih dari sembilan kategori sehingga simbol. atau kode yang diperlukan dua angka. Contoh variabel yang kategorinya sederhana adalah bila opsi jawabannya 'ya' atau 'tidak'. Contoh yang tidak sederhana apabila opsi jawabannya lebih dari sembilan seperti jawaban akan pertanyaan mengenai pekerjaan yang jawabannya mengarah langsung pada profesi yang digeluti seperti penjahit, montir, petani, buruh, supir, pegawai swasta, pegawai negeri sipil, ABRI, dan lain sebagainya. Selain itu contoh yang tidak sederhana menyangkut dengan pertanyaan yang jawabannya berupa angka, seperti besar penghasilan tiap bulan. Jadi variabel yang penyimbolannya tidak sederhana ada dua sejauh ini yaitu: yang berkaitan dengan kategori jawaban yang lebih dari sembilan dan kategori jawaban yang berkaitan dengan angka (seperti gaji atau upah).
Dalam melakukan pengolahan seperti di atas kita memerlukan buku kode yang menjadi pedoman yang menuntun kita dalam mengkode data penelitian. Buku kode tersebut disusun berdasarkan tujuan penelitian kita. Berikut kita akan mencermati penyususn buku kode.
Buku kode digunakan sebagai pedoman oleh pengkode untuk memindahkan jawaban pertanyaan yang ada dalam kuesioner ke lembaran kode. Selanjutnya, buku kode bisa juga digunakan sebagai kunci oleh penganalisis data untuk mencari variabel yang akan dipakai dalam analisis data dan kemudian untuk membaca tabulasi data. Dalam pengolahan data, jawaban-jawaban responden yang sudah berbentuk simbol angka/kode membutuhkan suatu format khusus agar dapat diolah dengan komputer. Di samping itu, format khusus atau yang disebut sebagai lembaran kode dibutuhkan guna penyimpanan data. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hilangnya daftar pertanyaan suatu saat. Lembar kode bisa kita susun sendiri sedemikian rupa sehingga sesuai dengan yang dibutuhkan. Atau ada juga lembaran kode yang biasa digunakan dalam mengolah data komputer.





DAFTAR PUSTAKA


Malo, Manasse ,dkk , 2002 . Metode Penelitian Kuantitatif . Universitas Terbuka . Jakarta.

Diakses Tanggal 15 Mei 2012, Waktu 5.20 WIB, http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/31472/1/Appendix.pdf

Diakses Tanggal 15 Mei 2012, Waktu 5.30 WIB,
http://www.pustaka.ut.ac.id/reader/index.php?modul=SOSI4311

Diakses Tanggal 15 Mei 2012, Waktu 5.25 WIB,
http://www.pustaka.ut.ac.id/fisip/sosiologi/1039-sosi4311-metode-penelitian-kuantitatif.html
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2015. Monalia Sakwati . All Rights Reserved.
Created by Monalia Sakwati