News Update :
Home » » Resensi Buku Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi

Resensi Buku Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi

Penulis : Monalia Sakwati on Sunday, October 30, 2011 | 11:26 PM


Resensi Buku II
Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi”


Judul Buku           
:  Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi
Pengarang
:  Prof. DR. H. Abdurrahmat Fathoni, M.Si.
Penerbit
:  PT Rineka Cipta
Jumlah Halaman    
:  x + 149 Halaman
Dicetak oleh
:  PT Asdi Mahasatya
Indeks
:  ISBN 979-518-946-8
Cetakan
:  Cetakan Pertama, Januari 2006
Tahun Terbit
:  2006
Alamat Penerbit
:  Jl. Jend. Sudirman Kav. 36-A, Blok-B No. 5 Jakarta 10210
Hak Cipta
:  Dilindungi Undang-undang

Sebagai “animal rational”,  sejak lahirnya manusia telah dibekali hasrat ingin tahu. Sifat ini dapat disaksikan sejak masih kanak-kanak, dengan dilontarkannya kata-kata “ini apa”, “itu apa”, “bagaimana”, “mengapa begini”, dan sebagainya. Dari dorongan keingintahuannya itu manusia berusaha untuk mendapatkan jawaban yang benar atau kebenaran. Esensi ini oleh manusia secara inheren dapat dicapainya, baik secara pendekatan ilmiah maupun pendekatan non ilmiah.
Pendekatan ilmiah ialah pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian ilmiah dan dibangun atas teori tertentu, yang menghasilkan kebenaran ilmiah yang sudah teruji. Sedangkan pendekatan non ilmiah biasanya dilakukan dengan akal sehat, prasangka, intuitif, dan penemuan secara kebetulan tanpa rencana ataupun coba-coba.
Perpaduan antara ilmu dan penelitian sudah begitu erat bagaikan dua sisi sebuah mata uang sehingga tidak mungkin untuk memisahkannya. Karena itu tugas ilmu dan penelitian dapat dikatakan identik.
Tidak salahnya Abdurrahmat Fathoni menulis buku ini yang berjudul “Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi” . Beliau pun aktif mengikuti forum diskusi dan seminar baik di tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional bahkan beliau berhasil menciptakan berbagai hasil karya tulis yang telah di kenal dalam kalangan masyarakat perguruan tinggi.
Di bawah ini adalah gambaran buku yang saya ambil di bab V berkaitan dengan Ruang Lingkup Metode Penelitian :
BAB V
HAKIKAT PENELITIAN
Penelitian merupakan upaya untuk mendapatkan nilai kebenaran, tetapi bukan satu-satunya cara untuk mendapatkannya. Ada beberapa teori penelitian yang dapat ditempuh untuk mencapai nilai kebenaran ilmiah diantaranya : Teori Empiris, Teori Rasionalisme, Teori Instrumentalisme, dan Teori Pragarantisme. Menurut Pierce, ada beberapa metode yang biasa digunakan untuk mencapai nilai kebenaran ilmiah antara lain yaitu : Metode Tenasitas, Metode Otoritas, dan Metode Intuitif.

MACAM-MACAM PENELITIAN
Macam-macam penelitian dapat dibedakan menurut tempat, sifat dan kegunaannya. Ada beberapa macam penelitian ditinjau dari tempat dilaksanakannya yaitu Penelitian Pustaka, Penelitian Laboratorium, dan Penelitian Lapangan. Selain itu ada juga macam-macam penelitian ditinjau dari sifatnya yang terdiri dari penelitian dasar, penelitian vertikal, dan penelitian survei. Begitupula macam-macam penelitian ditinjau dari segi jenisnya yaitu penelitian eksploratif, penelitian deskriptif, penelitian konformatif dan penelitian evaluatif. Selain itu ada juga macam-macam penelitian yang ditinjau dari segi kegunaannya yaitu penelitian murni dan penelitian terapan.

RUANG LINGKUP METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian ialah ilmu tentang metode-metode yang akan digunakan dalam melakukan suatu penelitian. Sebagai ilmu yang mempelajari metode-metode untuk melakukan penelitian, ruang lingkup pembahasannya meliputi : Metode penelitian, metode pengambilan sampel, metode pengumpul dan inventarisasi data, metode penyajian data serta metode analisis data.

METODE PENELITIAN
Metode penelitian ilmiah yaitu cara kerja yang digunakan dalam melakukan suatu penelitian. Secara garis besar metode penelitian dibedakan ke dalam tiga metode pokok yaitu : studi kasus, eksperimen, dan survei.
Studi kasus berarti penelitian terhadap suatu peristiwa atau kejadian yang perlu ditelaah kemudian dicarikan cara penanggulangannya seperti studi kasus yang dilakukan oleh psikologi. Selanjutnya mengenai metode eksperimen yaitu metode percobaan untuk mempelajari pengaruh dari variabel tertentu terhadap variabel lainnya melalui uji coba dalam kondisi khusus yang sengaja diciptakan. Selain itu mengenai survei yaitu melakukan pemeriksaan dan pengukuran-pengukuran terhadap gejala empirik yang berlangsung di lapangan atau lokasi penelitian, umumnya dilakukan terhadap unit sampel yang dihadapi sebagai responden dan bukan terhadap seluruh populasi sasaran.

METODE PENGAMBILAN SAMPEL
Cara pengambilan sampel harus dapat dipertanggungjawaban secara metodologis dan untuk itu ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pengambilan dan penggunaan sampel, yaitu : memberikan gambaran terpercaya tentang keadaan populasi sasaran, memberikan keterangan sebanyak mungkin, dapat menentukan presisi hasil penelitian dengan mengestimasi batas kesalahan.

POPULASI DAN SAMPEL
Dalam suatu penelitian khususnya penelitian survei, penelitian tidak perlu menghadapi seluruh populasi sebagai sasaran penelitian. Perlu kita ketahui populasi merupakan keseluruhan unit elementer yang parameternya akan diduga melalui statistika penelitian. Sedangkan sampel merupakan wakil sah bagi populasi sasaran, bukan bagi seluruh populasi sampling.

Kelebihan-kelebihan yang ada di dalam buku ini, materi-materinya disusun berdasarkan pandangan dan sejumlah peneliti dan pakar dalam bidang metodologi penelitian dengan tujuan agar dapat membantu mahasiswa yang ingin mengetahui seluk beluk metodologi penelitian, prosedur penelitian, dan desain penelitian, yang secara umum dapat digunakan dalam penelitian ilmu sosial, dan ilmu natural. Penjelasan diarahkan untuk member bekal teori dan terapan yang bersifat mutakhir kepada mahasiswa dan peneliti muda dalam rangka memecahkan masalah penelitian dengan pendekatan secara ilmiah. Di samping itu, buku ini dilengkapi pula dengan cara atau teknik penyusunan skripsi yang cukup penting bagi para mahasiswa khususnya.

Sedangkan kekurangan yang ada di dalam buku ini yaitu contoh-contoh yang dibahas dalam materinya kurang detail atau kurang jelas sehingga kurang untuk dipahami dan juga jarang sekali materi-materinya memberikan contoh yang sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar dalam istilahnya tidak mengaplikasikan contoh yang ada di lingkungan sekitar supaya para mahasiswa dapat mengembangkan pola pikir yang luas tentang metode penelitian.

DAFTAR PUSTAKA


Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta : PT Rineka Cipta

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2015. Monalia Sakwati . All Rights Reserved.
Created by Monalia Sakwati