News Update :
Home » » 4 Software Statistik Yang Banyak Digunakan

4 Software Statistik Yang Banyak Digunakan

Penulis : Monalia Sakwati on Saturday, March 10, 2012 | 3:53 AM

Statistik bagi sebagian kalangan sangat memusingkan, apalagi kalau ditambahkan dengan rumus-rumus wiiih bawaannya stres. Namun sekarang tidak lagi, kenapa? Karena telah banyak software statistik yang mempermudah perhitungan statistik untuk penelitian anda. Berikut ini saya sampaikan beberapa software statistik yang paling banyak digunakan.

SPSS. Statistical Package for the Social Sciences atau pupuler disingkat (SPSS) dirilis pertama kali pada tahun 1968. SPSS adalah program komputer yang dipakai untuk analisa statistika.

Sejak tanggal 28 Juli 2009, "SPSS" disebut sebagai PASW (Predictive Analytics SoftWare), karena perusahaan ini telah dibeli oleh perusahaan IBM dengan harga US$1,2 milyar.

Saya mencoba menjajal versi 19, memang memiliki menu-menu tambahan, kalau anda ingin versi Free Trial program SPSS, anda bisa mengunjunginya di website resmi SPSS disini 

Minitab adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks.

Minitab dikembangkan di Pennsylvania State University oleh periset Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan, Jr., dan Brian L. Joiner pada tahun 1972. Minitab memulai versi ringannya OMNITAB, sebuah program analisis statistik oleh NIST.

Minitab didistribusikan oleh Minitab Inc, sebuah perusahaan swasta yang bermarkas di State College, Pennsylvania, dengan kantor cabang di Coventry, Inggris (Minitab Ltd.) Paris, Perancis (Minitab SARL) dan Sydney, Australia (Minitab Pty.).

Kini, "Minitab" seringkali digunakan dalam implementasi Six SigmaCMMI serta metode perbaikan proses yang berbasis statistika lainnya. Hal ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai “Software for Quality Improvement”.

Minitab 16 merupakan versi terbaru perangkat lunak ini, tersedia dalam tujuh bahasa: Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Korea, Mandarin, dan Spanyol. Anda dapat mencoba Minitab versi free 30-day disini

LISREL. Linear Structural Relationship populer dikenal dengan Lisrel pada awalnya Lisrel merupakan sebuah nama model persamaan struktural yang dikembangkan oleh Karl Joreskog (1973). Pada tahap selanjutnya dikembangkan software computer yang mendukungnya oleh Joreskog dan Sorbom.

Software Lisrel yang pertama kali tersedia untuk publik adalah Lisrel versi 3 yang dipublikasikan pada tahun 1975. Pada Lisrel versi 8 mulai diperkenalkan bahasa pemrograman SIMPLIS yang lebih user friendly dibandingkan bahasa LISREL. Lisrel sekarang sudah sampai versi 8.8

Lisrel adalah satu-satunya program SEM yang paling banyak digunakan dan dipublikasikan pada berbagai jurnal ilmiah pada berbagai disiplin ilmu.

Menurut Jurnal Information System Research, penggunaan SEM dengan LISREL adalah sekitar 15% dari seluruh riset berbasis hubungan struktural, dibandingkan total penggunaan EQS dan AMOS, yang hanya sekitar 3%.

Di samping itu, pada Jurnal Management Information System Quaterly, penggunaan LISREL adalah 13% sedangkan yang masuk kategori lain-lain (AMOS dan EQS) hanya sekitar 3%. 

Dari hal tersebut, maka disimpulkan bahwa LISREL adalah satu-satunya program SEM yang tercanggih dan yang dapat mengestimasi berbagai masalah SEM yang bahkan nyaris tidak mungkin dapat dilakukan oleh program lain, seperti AMOS, EQS, dan lain sebagainya. Di samping itu, LISREL merupakan program yang paling informatif dalam menyajikan hasil-hasil statistik. Anda dapat mencobanya versi free trial dan free student untuk software LISREL itu disini


SAS. Statistical Analysis System atau popular disebut SAS adalah suatu sistem terpadu dari produk perangkat lunak yang disediakan oleh SAS Institute Inc.

SAS memungkinkan programmer untuk melakukan entri data, analisis statistik, peramalan untuk mendukung keputusan riset operasi, peningkatan kualitas pengembangan aplikasi data dan lain sebagainya.

Selain itu, SAS telah banyak memberikan solusi terhadap berbagai bisnis seperti  Manajemen TI, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, intelijen bisnis, dan lain sebagainya.

Sebenarnya siapa sih yang memiliki ide membuat program SAS ini? Ini dia orangnya Anthony J. Barr dimana pada tahun 1966. Dia salah seorang mahasiswa lulusan dari North Carolina State University lulus 1962-1964.

Barr telah menciptakan suatu analisis bahasa varian pemodelan terinspirasi oleh notasi dari statistik Maurice Kendall, diikuti dengan regresi berganda program yang menghasilkan kode mesin untuk melakukan transformasi aljabar dari data mentah. Untuk mengetahi program SAS anda bisa langsung ke ke website resmi SAS disini

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2015. Monalia Sakwati . All Rights Reserved.
Created by Monalia Sakwati