Saturday, February 12, 2011

Menerjemahkan Dokumen Dengan DocTranslator

Sebuah layanan milik google yang dapat kita gunakan untuk menterjemahkan dokumen kita ( word, excel, power point) namun output nya masih sama dengan tampilan (format) selagi input adalah dengan menggunakan DocTranslator.

Mungkin sebagian kita ada yang telah menggunakan <>Google Translator toolkit, namun hasil yang diperoleh mungkin masih kurang memuaskan. Atau kita juga bisa menggunakan fitur yang ada pada Google Docs yang akan sedikit memberikan hasil yang lebih baik, namun dokumen tersebut mesti di ubah dulu ke dalam bentuk HTML sehingga nantinya format dan tampilan yang aslinya banyak yang berubah.

DocTranslator adalah suatu situs yang dapat kita gunakan untuk menterjemahkan dokumen office gratis, dan ekstensi yang dapat kita pakai adalah : word, excel, power point dan text files, DocTranslator ini sebenarnya juga menggunakan teknologi dari Google Translate. Beberapa fitur yang diberikan adalah :
  • Mempertahankan format dokumen dari yang aslinya (misal font, tabel, kolom, spasi dan lainnya)
  • Telah memiliki translate dokumen dengan 50 bahasa (dari dan ke)
  • DocTranslator telah menggunakan teknologi seperti <>Google Translate
  • Untuk melakukan translate tidak ada limit ukuran file yang dapat kita upload untuk  diterjemahkan
  • Gratis, tidak perlu registrasi, dokumen aman
Untuk dapat mentranslate dengan menggunakan doctranslator  komputer kita pastinya harus sudah terinstall Java Runtime Environment (JRE), karena dalam proses download dan upload dokumen nantinya akan menggunakan java applet. apabila java belum terinstal, biasanya browser seperti mozilla akan secara khusus menampilkan pesan kepada kita untuk terlebih dahulu download plugins yang di perlukan. namun ada baiknya juga apabila kita mendownload terlebih dahulu download JRE

Untuk menggunakan layanan DocTranslator ini diperlukan beberapa langkah yaitu:
1. buka website DocTranslator ,
2. Pilih tombol yang ada dibawah Start Document Translator, dan nantinya akan ada proses download java applet (java applet adalah aplikasi java yang dijalankan pada web browser) setelah itu kita tunggu sampai selesai.
3. Pilih ekstensi dokumen yang akan kita terjemahkan, dan kemudian  kita  tinggal memilih bahasa dokumen yang akan kita upload dan juga bahasa hasil terjemahan, lalu selanjutnya kita klik tombol untuk ” mulai menterjemahkan”.
Selesai.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !