News Update :
Home » » Pengantar Sosiologi

Pengantar Sosiologi

Penulis : Monalia Sakwati on Saturday, January 7, 2012 | 12:44 AM


TUGAS KELOMPOK

A.     Umumnya manusia lahir bagaimana ? Dan yang tidak umum  bagaimana ?

Umumnya manusia terlahir karena adanya kasih sayang dari orang tuanya. Orang tua yang telah merawatnya dari kecil hingga dewasa. Mengajarkan perilaku dan tata bahasa dalam perkembangan anaknya.  Serta menanamkan kepercayaan agama dan sopan santun dalam kehidupannya. Mereka juga lahir mendapatkan perhatian bukan hanya dari orang tuanya saja, bahkan mereka mendapatkan kasih sayang itu dari anggota keluarga yang lain.
Secara tidak umum, manusia itu kelahirannya tidak diinginkan. Seperti hubungan gelap orang tuanya, sehingga dari dini ia tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya.

B.     Apakah sejak lahir manusia selalu berhubungan dengan  manusia lain ?

Ya, manusia selalu berhubungan dengan manusia lain, bahkan sejak ia dilahirkan.
Dalam teorinya yang diuraikan dalam buku Mind Self and Society (1972) menguraikan tahap pengembangan (self) man. Manusia yang baru lahir belum mempunyai diri. Diri manusia berkembang secara bertahap melalui interaksi dengan anggota masyarakat lain. Inilah yang membenarkan bahwa sejak lahir manusia sudah berhubungan dengan manusia lain.

C.     Tujuan manusia dalam menghadapi alam ?

Dengan panca indranya, manusia dapat mengetahui bahwa di antara bumi dan langit terdapat tumbuh-tumbuhan, hewan, matahari, bulan, bintang, bumi, gunung serta samudranya yang memiliki sifat tertentu. Manusia mempunyai akal dan dapat berpikir, berbicara serta bertindak berdasarkan akalnya. Itulah yang membedakan manusia dengan lingkungannya. Manusia mempunyai pikiran , maka dia dapat memilih apa yang akan dilakukannya terhadap aksi lingkungannya.

D.     Sejak lahir manusia mempunyai dua hasrat/keinginan. Jelaskan !

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial,     memiliki naluri untuk hidup dengan orang lain. Naluri manusia untuk selalu hidup dengan orang lain disebut gregariousness. Sehingga manusia disebut juga social animal (= hewan sosial).
Dua hasrat/keinginan manusia diantaranya :
1. Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia  lain di sekelilingnya.
2. Keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekitarnya.

E.     Jelaskan ragam kehidupan manusia ?

Ragam kehidupan manusia ini berbeda-beda karena dipicu adanya perbedaan / cara pandang dan reaksi mereka terhadap kehidupan. Proses perubahan yang berbeda-beda itu menyebabkan timbulnya suatu aneka warna yang besar sekali antara beribu-ribu kesatuan hidup manusia yang berada di muka bumi ini.
Sebenarnya, aneka warna dalam pola tingkah laku manusia bukanlah disebabkan oleh aneka warna ciri ras, melainkan karena kolektif-kolektif di mana manusia itu bergaul dan berinteraksi. Dalam masyarakat akan tampak kesatuan-kesatuan manusia yang lebih khusus, yang berbeda satu dengan yang lain disebabkan karena adat-istiadat dan bahasa yang berbeda, kadang-kadang juga karena perbedaan agama, atau karena kombinasi keduanya. Pada dasarnya, yang menyebabkan keberagaman dalam masyarakat (terutama masyarakat kota) adalah adanya perbedaan suku bangsa dari masing-masing orang.

F.      Jelaskan ciri-ciri makhluk sosial ? (Ada 3)

       Selalu berinteraksi.
 Makhluk sosial adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan orang lain. Dia menyadari sepenuhnya bahwa manusia tidak akan hidup tanpa interaksi.

       Manusia sebagai makhluk sosial memiliki naluri untuk saling tolong menolong, setia kawan dan toleransi serta simpati dan empati terhadap sesamanya. Keadaan inilah yang dapat menjadikan suatu masyarakat yang baik, harmonis dan rukun, hingga timbullah norma, etika dan kesopan santunan yang dianut oleh masyarakat.

       Makhluk sosial menghasilkan kebudayaan yang dinamis. Kebudayaan dinamis adalah kebudayaan yang tidak tetap selalu berubah-ubah. Hal ini dikarenakan adanya kepentingan manusia yang semakin kompleks dan rasa tidak puas  yang dimilikinya untuk kehidupan yang lebih baik.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2015. Monalia Sakwati . All Rights Reserved.
Created by Monalia Sakwati