Tuesday, November 2, 2010

Cara Mengunci Drive USB Tanpa Software


Saat ini Flash Disk sudah banyak sekali digunakan oleh kalangan masyarakat baik pelajaran maupun orang biasa, untuk menyimpan data-data hasil pengolahan dari komputer. Jika komputer anda mempunyai banyak sekali data penting dan anda paling tidak ingin orang lain bisa dengan sembarangan mengcopy file atau data-data penting ke dalam Flash Disk nya, langkah yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut adalah mengunci folder atau drive.

Sebenarnya ada beberapa tool atau software yang bisa dipergunakan untuk mengunci drive tersebut. Namun kali ini yang akan anda lakukan adalah mengunci folder dan drive USB tanpa menggunakan software atau istilah lainnya adalah tweak registry yang ada di komputer.

Untuk mengunci folder dan drive USB tersebut tanpa menggunakan software, ada beberapa langkah yang harus anda ketahui, langkah-langkah tersebut adalah :

  • Klit menu start dan pilih run atau windows + R.
  • Pada kotak dialog tersebut ketik perintah regedit, kemudian OK atau enter aja
  • Setelah masuk ke dalam jendela registri, cari alamat : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies.
  • Jika folder StorageDevicePolicies belum ada di dalam registry, anda bisa membuatnya dengan cara klik folder Control kemudian klik kanan dan pilih New>Key dan selanjutnya beri nama folder tersebut dengan nama StorageDevicePolicies.
  • Buat DWORD Value, caranya klit folder StorageDevicePolicies kemudian klik kanan di dalam folder tersebut New> DWORD Value dan beri nama WriteProtect. Kemudian klik ganda pada WriteProtect dan beri nilai 1 pada value data
  • Kemudia Restart komputer Anda dan sekarang data-data anda yang ada dikomputer akan lebih aman dan tidak bisa dikopy dengan sembarangan.
  • Kalau ada orang yang mengkopy file atau data anda dari komputer ke Flesh Disknya, maka akan keluar printah peringatan seperti pada gambar 3 ini
  • Untuk mengembalikan komputer kekondisi awal, gantilah angka 1 yang ada pada value data WriteProtect dengan angka 0.

Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini. No Spam ! No Sara !